Author:
Dita Estu Permanen
Label::
A. Konsep dan Aplikasi Media Pembelajaran
1.
Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi
Pembelajaran
merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh
pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif. Kriteria belajar adalah
sebagai berikut :
·
Belajar sebabnya di sadari
·
Adanya proses
·
Belajar membutuhkan interaksi
2.
Kedudukan Media dalam Sistem Pembelajaran
Komponen
pembelajaran meliputi : tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Media
adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pembelajaran, misalnya : media film, televisi, diagram, dan komputer. Media
pembelajaran selalu terdiri dari dua unsur penting yaitu unsur perangkat keras
dan unsur pesan yang di bawanya.
3. Komponen-komponen Komunikasi
Mempunyai komunikator,
pesan, saluran, penerima pesan dan balikannya. Faktor yang mempengaruhi
efektivitas sebuah komunikasi (Ishak, 1995 : 3) :
a) Kemampuan berkomunikasi penyampaian pesan
b)
Sikap dan pandangan penyampaian pesan
c)
Tingkat penyampain pesan
d)
Latar sosial budaya dan ekonomi
4.
Perumusan Tujuan Mempunyai Ketentuan
a)
Learned Oriented
b) Operational Oriented
c)
Kebermanfaatan
d)
arnability
5.
Penjelasan Prosedur Pengembangan Media
a)
Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa
Maksudnya adalah adanya kesenjangan
antara kemampuan dan sikap yang kita inginkan dengan kemampuan, keterampilan
dan sikap siswa yang berbeda-beda. contohnya, pada siswa SD diharapkan memiliki
keterampilan menulis dan menghitung.
b)
Perumusan tujuan
Merupakan suatu yang sangat penting
karena akan mempengaruhi arah dan tindakan kita. Misalnya, dengan menggunakan
gambar siswa SD di harapkan memiliki pengetahuan untuk membedakan hewan
omnivora, herbivore dan karnivora.
c)
Perumusan materi
Materi perlu disusun dengan
memperhatikan kriteria-kriteria tertentu dianta sahih (valid), tingkat
kepentingan (significant). Contok : nama-nama pulau besar yang ada di
Indonesia.
d) Perumusan alat pengukur keberhasilan
Pembelajaran yang dilakukan haruslah
diukur apakah tujuan pembelajarannya sudah tercapai atau belum. Contoh : LKS
e)
GBPM
Sebagai pedoman untuk menulis naskah pembelajaran media. Contoh :
topik-topik yang berisi materi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan
psikomotorik yang memerlukan penjelasan visual.
f)
Penulisan naskah media
B. Meretas Masa Depan
Arief Sadiman,
dkk memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil dalam pengembangan
program media menjadi 6 langkah, yaitu :
· Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
· Merumuskan tujuan instruksional dengan
operasional dank has
· Merumuskan butir-butir materi secara terperinci
·
Mengembangkan alat oengukur keberhasilan
·
Menulis naskah media
·
Mengadakan tes dan revisi
C. Aspek Penting Dalam Pembuatan Media
Pembelajaran Berbasis TIK
1. Aspek pembelajaran
ü Rumusan judul
ü
Rumusan tujuan pembelajaran
ü Apersepsi
2.
Peranan design komunikasi visual (DKV) dalan
perancangan media pembelajaran berbasis TIK
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
perancangan media pembelajaran berbasis TIK:
o
Komunikatif
o
Kreatif
o
Sederhana
o
Unity
o
Penggambaran objek dalam bentuk image yang
presentatif
o
Pemilihan warna
o
Tata letak
o
Unsur visual bergerak
D. Klasifikasi
Karakteristik Siswa Berdasarkan Potensi
<1.
Aliran yang berkaitan dengan potensi manusia :
§ Nativisme
§ Empirisme
§ Konvergensi
<2.
Klasifikasi kecerdasan >140 (genius)
<3.
Modalitas belajar
<4.
Siswa auditorial O
<5.
Siswa kinestetik H
Thurstone mendeskripsikan kecerdasan dan keterbakatan
menjadi beberapa faktor kemampuan yang dikenal dengan faktor ganda : kemampuan
verbal, berhitung, geometri, kelancaran kata, ingatan dan penalaran.
·
Aspek-aspek siswa : minat, sikap, motivasi
·
Klasifikasi karakteristik siswa : pribadi dan
psikis
E.
Bagaimana
Merumuskan Tujuan Khusus Pembelajaran yang Lengkap dan Cermat
Pada karya klasik Marger (1975) yang
memasukkan 3 komponen utama dalam suatu rumusan dan tujuan : perilaku, kondisi dan
derajat (criteria) keberhasilan.
üDefinisi
kondisi
Komponen kondisi dalam tujuan khusus pengajaran
menyebutkan “Sesuatu” yang secara khusus diberikan
atau tidak diberikan ketika mahasiswa menampilkan perilaku yang ditetapkan
dalam tujuan. Sesuatu yang dimaksud sebagai kondisi dalam tujuan khusus
pengajaran biasanya berupa :
a. Bahan
dan alat
b. Informasi
c. Lingkungan
Penyebutan
kondisi dalam suatu rumusan tujuan khusus pengajaran diperlukan apabila :
a. Ada
atau tidak adanya kondisi memiliki pengaruh yang berarti pada kemampuan
mahasiswa dalam menampilkan perilaku seperti yang ditetapkan dalam rumusan
tujuan.
b. Mahasiswa
telah dinyatakan secara jelas dan cermat apabila cukup rinci dimana mahasiswa
dapat mengidentifikasi bahan, alat, informasi atau lingkungan yang diperlukan
untuk menampilkan perilaku yang ditetapkan dalam tujuan.
c. Kondisi
telah dinyatakan secara lengkap apabila semua bahan, alat, informasi dan
lingkungan yang mempengaruhi mahasiswa dalam menampilkan perilaku yang
ditetapkan dalam tujuan khusus dicantumkan.
F. Panduan Pengembangan Media Pembelajaran
a. Pengertian
materi pembelajaran
Adalah pengetahuan,
keterampilan dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi
standar kompetensi yang ditetapkan.
b. Jenis-jenis
materi pembelajaran
·
Fakta
·
Konsep
·
Prinsip
·
Prosedur
·
Sikap/nilai
Prinsip-prinsip
pengembangan materi pembelajaran :
ü Relevansi
→
kesesuaian
ü Konsistensi
→keajegan
ü Adequcy →
kecukupan
Penentuan cakupan
dan urutan mencari pembelajaran:
<a) Penentuan cakupan materi pembelajaran
<b)
Urutan materi pembelajaran, ada 2 yaitu :
pendekatan procedural dan pendekatan hierarkis.
zc)
Penentuan sumber belajar
Strategi implementasi
media pembelajaran
<1.
Langkah-langkah penentuan materi pembelajaran
b) Identifikasi
jenis-jenis materi pembelajaran
<2.
Strategi urutan penyampaian
a) Strategi
urutan penyampaian simultan
b) Strategi
urutan penyampaian suksesif
<3.
Strategi penyampaian jenis-jenis materi
a) Strategi
penyampaian fakta
b) Strategi
penyampaian konsep
c) Strategi
penyampaian materi pembelajaran prinsip
d) Strategi
penyampaian prosedural
e) Strategi
penyampaian materi aspek sikap
<4.
Strategi belajar
a) Menghafal
b) Mengaplikasi
c) Menemukan
d) Memilih
G.
Pengembangan
Materi Pembelajaran Sains dalam Mata Kuliah IPA Terapan
· Mata
kuliah IPA
· Topik-topik
materi pembelajaran :
1) IPA
terapan penyediaan air ersih
2) IPA
terapan pada penanganan bahan pangan
3) IPA
terapan pada penanganan resapan air
· Pengembangan
materi pembelajaran IPA terapan
· Materi
pembelajaran pada perkuliahan :
1) Penerapan
elastisitas benda padat
2) Perubahan
tekanan gas
3) Perubahan
gerak air
· Kesimpulan
IPA terapan : penerapan ilmu IPA untuk
mengatasi permasalahan praktis yang bermakna luas dan bersifat dina.
|