Refleksi Minggu ke-5

Author: Dita Estu Permanen Label::

Di pertemuan minggu ke-5 kemarin, kami disuruh buat storyboard. padahal kami belum memahami betul tentang storyboard, sedangkan Bapak tidak memperjelas tentang cara membuat storyboard.
bapak hanya memberi alamat website pada kami, guna untuk mencari materi tentang storyboard. lalu kami membaca dan mencoba memahami materi tersebut, agar bisa membuat storyboard.
saat kami sedang membuat storyboard, Bapak keliling dan melihat hasil pekerjaan kami,dan ternyata pekerjaannya kurang tepat.
Kami pun bertanya tapi malah dimarahin, disuruh membuat yang benar. sehingga kami bingung dalam membuat storyboard tersebut.
untung saja pekerjaan itu bisa dibawa pulang dan bisa dikerjakan dirumah.  sehingga kami bisa membenahi pekerjaan kami.
tapi ada kekhawatiran bila dalam pembelajara seperti ini, kami takut jika materi yang disampaikan sulit dipahami dan kami jadi tertekan saat kuliah ICT. walaupun mungkin maksud Bapak itu baik, agar kami bisa belajar mandiri.

0 komentar |

Hasil Diskusi

Author: Dita Estu Permanen Label::


A.      Konsep dan Aplikasi Media Pembelajaran
1.       Pembelajaran Sebagai Proses Komunikasi
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif. Kriteria belajar adalah sebagai berikut :
·      Belajar sebabnya di sadari
·      Adanya proses
·      Belajar membutuhkan interaksi

2.       Kedudukan Media dalam Sistem Pembelajaran
Komponen pembelajaran meliputi : tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran, misalnya : media film, televisi, diagram, dan komputer. Media pembelajaran selalu terdiri dari dua unsur penting yaitu unsur perangkat keras dan unsur pesan yang di bawanya.

3.      Komponen-komponen Komunikasi
Mempunyai komunikator, pesan, saluran, penerima pesan dan balikannya. Faktor yang mempengaruhi efektivitas sebuah komunikasi (Ishak, 1995 : 3) :
a)   Kemampuan berkomunikasi penyampaian pesan
b)   Sikap dan pandangan penyampaian pesan
c)    Tingkat penyampain pesan
d)   Latar sosial budaya dan ekonomi

4.       Perumusan Tujuan Mempunyai Ketentuan
a)    Learned Oriented
b)  Operational Oriented
c)    Kebermanfaatan
d)   arnability

5.       Penjelasan Prosedur Pengembangan Media
a)    Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa
Maksudnya adalah adanya kesenjangan antara kemampuan dan sikap yang kita inginkan dengan kemampuan, keterampilan dan sikap siswa yang berbeda-beda. contohnya, pada siswa SD diharapkan memiliki keterampilan menulis dan menghitung.
b)   Perumusan tujuan
Merupakan suatu yang sangat penting karena akan mempengaruhi arah dan tindakan kita. Misalnya, dengan menggunakan gambar siswa SD di harapkan memiliki pengetahuan untuk membedakan hewan omnivora, herbivore dan karnivora.
c)    Perumusan materi
Materi perlu disusun dengan memperhatikan kriteria-kriteria tertentu dianta sahih (valid), tingkat kepentingan (significant). Contok : nama-nama pulau besar yang ada di Indonesia.
d)  Perumusan alat pengukur keberhasilan
Pembelajaran yang dilakukan haruslah diukur apakah tujuan pembelajarannya sudah tercapai atau belum. Contoh : LKS
e)   GBPM
Sebagai pedoman untuk menulis naskah pembelajaran media. Contoh : topik-topik yang berisi materi pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan psikomotorik yang memerlukan penjelasan visual.
f)     Penulisan naskah media
 
B.    Meretas Masa Depan
Arief Sadiman, dkk memberikan urutan langkah-langkah yang harus diambil dalam pengembangan program media menjadi 6 langkah, yaitu :
·      Menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa
·    Merumuskan tujuan instruksional dengan operasional dank has
·        Merumuskan butir-butir materi secara terperinci
·         Mengembangkan alat oengukur keberhasilan
·         Menulis naskah media
·         Mengadakan tes dan revisi

C.      Aspek Penting Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK
1.      Aspek pembelajaran
ü  Rumusan judul
ü  Rumusan tujuan pembelajaran
ü Apersepsi
2.       Peranan design komunikasi visual (DKV) dalan perancangan media pembelajaran berbasis TIK
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan media pembelajaran berbasis TIK:
o    Komunikatif
o    Kreatif
o    Sederhana
o    Unity
o    Penggambaran objek dalam bentuk image yang presentatif
o    Pemilihan warna
o    Tata letak
o    Unsur visual bergerak

D.  Klasifikasi Karakteristik Siswa Berdasarkan Potensi
<1.       Aliran yang berkaitan dengan potensi manusia :
§  Nativisme
§  Empirisme
§  Konvergensi
<2.       Klasifikasi kecerdasan >140 (genius)
<3.       Modalitas belajar
<4.       Siswa auditorial O
<5.       Siswa kinestetik H
Thurstone mendeskripsikan kecerdasan dan keterbakatan menjadi beberapa faktor kemampuan yang dikenal dengan faktor ganda : kemampuan verbal, berhitung, geometri, kelancaran kata, ingatan dan penalaran.
·         Aspek-aspek siswa : minat, sikap, motivasi
·         Klasifikasi karakteristik siswa : pribadi dan psikis

E.    Bagaimana Merumuskan Tujuan Khusus Pembelajaran yang Lengkap dan Cermat
       Pada karya klasik Marger (1975) yang memasukkan 3 komponen utama dalam suatu rumusan dan tujuan : perilaku, kondisi dan derajat (criteria) keberhasilan.
üDefinisi kondisi
Komponen kondisi dalam tujuan khusus pengajaran menyebutkan “Sesuatu” yang secara khusus            diberikan atau tidak diberikan ketika mahasiswa menampilkan perilaku yang ditetapkan dalam tujuan. Sesuatu yang dimaksud sebagai kondisi dalam tujuan khusus pengajaran biasanya berupa :
a.       Bahan dan alat
b.      Informasi
c.       Lingkungan
Penyebutan kondisi dalam suatu rumusan tujuan khusus pengajaran diperlukan apabila :
a.       Ada atau tidak adanya kondisi memiliki pengaruh yang berarti pada kemampuan mahasiswa dalam menampilkan perilaku seperti yang ditetapkan dalam rumusan tujuan.
b.      Mahasiswa telah dinyatakan secara jelas dan cermat apabila cukup rinci dimana mahasiswa dapat mengidentifikasi bahan, alat, informasi atau lingkungan yang diperlukan untuk menampilkan perilaku yang ditetapkan dalam tujuan.
c.       Kondisi telah dinyatakan secara lengkap apabila semua bahan, alat, informasi dan lingkungan yang mempengaruhi mahasiswa dalam menampilkan perilaku yang ditetapkan dalam tujuan khusus dicantumkan.

F. Panduan Pengembangan Media Pembelajaran
a.       Pengertian materi pembelajaran
Adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dikuasai peserta didik dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
b.      Jenis-jenis materi pembelajaran
·         Fakta
·         Konsep
·         Prinsip
·         Prosedur
·         Sikap/nilai
Prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran :
ü  Relevansi → kesesuaian
ü  Konsistensi →keajegan
ü  Adequcy → kecukupan
Penentuan cakupan dan urutan mencari pembelajaran:
<a)     Penentuan cakupan materi pembelajaran
<b)      Urutan materi pembelajaran, ada 2 yaitu : pendekatan procedural dan pendekatan hierarkis.
zc)       Penentuan sumber belajar
Strategi implementasi media pembelajaran
<1.       Langkah-langkah penentuan materi pembelajaran
a) Identifikasi
standar kompetensi dan kompetensi dasar
b)      Identifikasi jenis-jenis materi pembelajaran

<2.       Strategi urutan penyampaian
a)    Strategi urutan penyampaian simultan
b)   Strategi urutan penyampaian suksesif

<3.       Strategi penyampaian jenis-jenis materi
a)    Strategi penyampaian fakta
b)   Strategi penyampaian konsep
c)    Strategi penyampaian materi pembelajaran prinsip
d)   Strategi penyampaian prosedural
e)   Strategi penyampaian materi aspek sikap

<4.       Strategi belajar
a)    Menghafal
b)   Mengaplikasi
c)    Menemukan
d)   Memilih

G.   Pengembangan Materi Pembelajaran Sains dalam Mata Kuliah IPA Terapan
·    Mata kuliah IPA
·    Topik-topik materi pembelajaran :
1)      IPA terapan penyediaan air ersih
2)      IPA terapan pada penanganan bahan pangan
3)      IPA terapan pada penanganan resapan air
·    Pengembangan materi pembelajaran IPA terapan
·    Materi pembelajaran pada perkuliahan :
1)      Penerapan elastisitas benda padat
2)      Perubahan tekanan gas
3)      Perubahan gerak air
·    Kesimpulan
IPA terapan : penerapan ilmu IPA untuk mengatasi permasalahan praktis yang bermakna luas dan bersifat dina.

0 komentar |

Refleksi Minggu Ke-4

Author: Dita Estu Permanen Label::

Pertemuan ke-4 tanggal 5 Oktober 2012 kemarin kami berdiskusi tentang materi konsep dan aplikasi pembelajaran, aspek penting dalam pembuatan media pembelajaran berbasis TIK, klasifikasi karakteristik siswa berdasarkan potensi, bagaimana merumuskan tujuan khusus pembelajaran yang lengkap dan cermat, panduan pengembangan materi pembelajaran, pengembangan materi pembelajaran sains dalam mata kuliah IPA terapan.
Dalam diskusi kemarin materi yang diberikan terlalu banyak jadi dalam memahami materi tersebut terlalu sulit. Karena materi diskusi terlalu banyak, timbul kekhawatiran tidak dapat menerima dan memahami materi dengan baik.
Jadi saya harus belajar lebih giat lagi, agar tidak tertinggal oleh teman-teman yang lain.
Harapannya semoga saya bisa lebih menguasai tentang media ICT, sehingga dalam pengerjaan tugas dapat terselesaikan dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

0 komentar |

Teknik Media Pembelajaran

Author: Dita Estu Permanen Label::


A.        Alasan teoritis pemilihan media
Alasan pokok pemilihan karena didasarkan oleh konsep pembelajaran sebuah sistem yang didalamnya di dapat suatu totalitas yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.

B.        Alasan praktis pemilihan media
1)      Demonstration
Mendemonstrasikan konsep, objek, dll. Media adalah sebagai alat.
2)      Merasa sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa menggunakan proyektor transparan.
3)      Ingin memberi gambaran atau penjelasan yang lebih konkret merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bisa dilakukan.
4)      Familiarity
Penggunaan media memiliki alasan pribadi. Mengapa ia menggunakan media, yaitu sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut. Jika menggunakan media lain belum tentu bisa dan untuk mempelajarinya membutuhkan waktu, tenaga dan biaya sehingga secara terus menerus ia menggunakan media yang sama.
5)      Clarity
Yaitu untuk lebih menjelaskan pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkret.
6)      Active Learning
Siswa harus berperan secara aktif baik secara fisik, mental, maupun emosional

C.        Kriteria dalam pemilihan media
1.       Kriteria Umum
a)      Kesesuaian dengan tujuan
b)      Kesesuaian dengan materi
c)       Kesesuaian dengan karakteristik pembelajaran atau siswa
d)      Kesesuaian dengan teori
e)      Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
f)       Kesesuaian dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.

2.       Kriteria Khusus
a)    Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan media
b)   Cost
Biaya yang harus dipertimbangkan
c)    Technology
Misalnya kita ingin menggunakan media audiovisual di kelas, yang perlu kita pertimbangkan : apakah ada listrik, voltase listrik cukup, dan sesuai
d)   Interactive
Media yang baik adalah media yang dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas.


·         Model Anderson
a)      Menentukan atau karakteristik pesan
b)      Mengkaji metode yang tepat
c)       Karakteristik tujuan
d)      Menentukan media yang cocok
e)      Evaluasi

·         Model assure
Asuure mengandung makna dari masing-masing huruf yaitu : analisis leaner karakter, state objectives, slec, modify or desaign mamterials dan evaluate. Menurut model ini apabila kita memilih media lakukan dengan mengikuti prosedur sesuai tahapan assure yang meliputi analisis, leaner karakteristik, state objectives

Format pemilihan media
·         Flowchart
Dengan mengikuti alur atau flow dengan sistem penggunaan sampai dengan kesimpulan akhir
·         Matrik
Berbentuk kolom yang mengaitkan variabel dengan variabel lainnya
·         Check list
Penilaian dengan memberi tanda

0 komentar |

Refleksi Minggu ke-3

Author: Dita Estu Permanen Label::

Jumat 28 September 2012, Dosen membuka perkuliahan dan menyampaikan materi yang akan digunakan untuk diskusi. Dosen meminta kami berkumpul dengan kelompok besar yaitu terdiri dari 2 TP. Kemudian kami diminta untuk membaca materi tentang Teknik Pemilihan Media Pembelajaran yang telah diberikan melalui perwakilan kelas, lalu kami disuruh meringkasnya.
Tetapi kelompok saya kuwalahan karena hanya ada 1 laptop sehingga harus bergantian dalam membaca dan meringkasnya. Sehingga membuat diskusi kurang berjalan dengan baik.
Harapan saya semoga dipertemuan berikutnya anggota kelompok yang mempunyai laptop bisa membawanya, untuk mempermudah dalam mengerjakan tugas dari Dosen.

0 komentar |

Translate

Glenn Fredly_Sekali Ini Saja

Powered by mp3skull.com
Jason Mraz - I'm Yours

Powered by mp3skull.com
Latest Submissions: Home PageAbout Page

Cari Blog Ini

Followers

Jadwal Sholat DIY

Diberdayakan oleh Blogger.
banner 1 banner 2