Suatu medium (jamak: media)
adalah perantara/pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
2.Kontribusi Media Pembelajaran
ØPenyampaian
pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
ØPembelajaran
dapat lebih menarik
ØPembelajaran
menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
ØWaktu
pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
ØKualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan
ØProses
pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
ØSikap
positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat
ditingkatkan
ØPeran
guru berubahan kearah yang positif
3.Jenis-jenis media pembelajaran
A. Media Pemelajaran berupa Alat Peraga
Bangun
datar
Luas
daerah ndatar
Volum
bangun ruang.
B. Media Pembelajaran berupa Media Display
Charta
/Chart
Grafik
Poster.
C. Media Pembelajaran berupa OHT (Overhead
Transparency)
Single
transparency
Overlay
transparency.
D. Media Pembelajaran berupa Komputer
Komputer
sebagai alat bantu
Komputer
untuk multi media.
4.Media grafis
Media Grafis adalah media yang ditulis atau
digambar.
Contoh: Charta, Poster, OHT, dll.
5.Empat Prinsip Media Grafis
-Simplicity (sederhana)
a.Isinya singkat
b.Mudah dibaca dan dimengerti
c.Hanya menggunakan kata-kata kunci
d.Memakai huruf biasa.
-Unity (kesatuan)
•Isinya mrpk satu pengertian yg utuh
•Bagian-bagian tidak terpisah-pisah
•Digunakan tanda: panah, garis atau warna.
-Emphasis (penekanan)
•Bagian-bagian
yang penting, ditampilkan berbeda dengan yang lain
•Digunakan
tanda-tanda: panah, garis tebal, warna yang mencolok, tulisan yang berbeda.
-Balance (keseimbangan).
•Formal.
•Informal.
6.Media yang Tidak Diproyeksikan
a)Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai
bahan belajar
b)Model : Benda tiga dimensi yang merupakan
representasi dari benda sesungguhnya
c)Grafis : Gambar atau visual yang penampilannya
tidak diproyeksikan (Grafik, Chart, Poster, Kartun)
d)Display : Medium yang penggunaannya dipasang di
tempat tertentu sehingga dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya.
7.Media Video
Kelebihan
a.Dapat menstimulir efek gerak
b.Dapat diberi suara maupun warna
c.Tidak memerlukan keahlian khusus dalam
penyajiannya.
d.Tidak memerlukan ruangan gelap dalam
penyajiannya
Kekurangan
a.Memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya
b.Memerlukan tenaga listrik
c.Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim
dalam pembuatannya
8.Media Berbasiskan Komputer
• Praktek dan latihan (drill &
practice)
• Tutorial
• Permainan (games)
• Simulasi (simulation)
• Penemuan (discovery)
• Pemecahan Masalah (Problem Solving)
9.persoalan yang sebaiknya menjadi bahan
pertimbangan pengajaran berbasis komputer:
a.Perangkat keras dan lunak yang mahal dan cepat
ketinggalan jaman
b.Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat
memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan
ketinggalan zaman.
c.Pembuatan program yang rumit serta dalam
pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini
bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan
dan pengoperasian program.
10.Pemakaian Komputer dalam Kegiatan
Pembelajaran
a.Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah,
proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep
tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang
dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.
b.Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat
bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program
antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang
paling berat, simulasi sistem antrian dalam teori antrian dan sebagainya.
c.Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau
video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat
dilakukan mengunakan media komputer.
Pada tanggan
24 November 2012, kami melakukan kuliah ICT secara online. Kelompok kami
terdiri dari saya sendiri Dita, Fajar, Adi dan Timbul. Kami diberi tugas untuk
membuat power point dengan animasi, gambar, video dan sound. Kami membuat power
point dengan materi “Pencemarn Lingkungan”.
Seharusnya
dalam satu kelompok yang online hanya 1 orang dan yang lain membuat power point
yang akan dikirim. Tetapi saat itu kelompok saya datang semua agar adil, dan
kami melakukan online serta membuat power point secara bersama-sama.
Kami
kuliah online mulai jam 09.00 dan selesai jam 10.45. Dan saat proses pembuatan
itu kami selalu memantau group Kuliah Media Pembelajaran. Agar kami selalu
melihat pengumuman atau info terbaru dari Pak Wahyu.
Saat Pak
Wahyu meningatkan bahwa prkuliahan online akan berakhir, kami sangat gugup dan
kebingungan karena power point yang kami buat belum selesai. Kami takut kalau
power point kami tidak diterima karena telat, kami terus berusaha menyelesaikan
power point tersebut sambil terus memantau group.
Akhirnya,
jam perkuliahan diundur sampai jam 13.00 karena banyak kendala yang dialami
saat pengiriman powerpoint. Kami pun lega dan bisa menyelesaikan power point
dengan baik. Dan bisa mengirimnya dengan lancar.
Semoga hasil
jerih payah kami membuahkan hasil, bisa memperoleh nilai yang memuaskan.
AMIENNN... J
Pada pertemuan ke-8 hari Jum'at tanggal 23 November
2012 membahas tentang pembelajaran menggunakan internet dan dalam pertemuan
kali ini dibahas tentang pembelajaran jarak jauh. Dalam komunikaasi jarak jauh tersebut
diperlukan :
1. Sarana
Komunikasi
Dalam melakukan komunikasi atau pemmbelajarn jarak
jauh diperlukan materi sebagai bahan untuk komunikasi antara mahasiswa dengan
dosen.
2. Menyiapkan
Stakeholder
a. hardware
untuk menyiapkan hardware tidak terlalu sulit kita
hanya menyiapkan komputer untuk melakukan komunikasi jarak jauh.
apabila mahasiwa tidak mempunyai komputer untuk melakukan pembelajaran mahasiswa
bisa pergi ke warnet untuk membantu proes pembelajarannya.
b. budaya mahasiswa
budaya merupakan hal yang mungkin bisa dikatakan sulit dipersiapkan, karena
budaya merupakan kebiasaan dan lngkungan mahasiswa jdadi apabila mahasiswa
belum mengetahui pengunaan teknologi mahasiswa bisa kesulitan dalam
melakukan pembelaajaran.
setelah kita
menerima materi tersebut, kita mendapat dua tugas :
1. membentuk kelompok sebanyak 10 orang
untuk mempraktikkan pembelajaran jarak jauh tersebut, dan membuat sekenario
pembelajaran yang akan dilaksanakan, mencari kelebihan dan kekurangan
pebelajaran jarak jauh dan persiapan apa saja yang harus dilakuan sebelum
proses pembelajaran dilaksanakan.
2. melakukan kuliah on line pada hari sabtu tanggal 24
November 2012 pada jam 09.00 WIB. dalam kuliah on line tersebut beranggota 4
orang, dan dalam kuliah tersebut kengumpulkan hasil kerja kelompok berupa power
point yang dilengkapi dengan animasi, sound, gambar, dan video.
1) Apa yang di peroleh ? Pertemuan ke-7 adalah kuliah online, saya jadi tahu materi apa saja yang
akan di pelajari untuk UTS,
dan saya coba meringkas materi yang telah diberikan melalui ALFHEUAD
2) Apa yang belum di pahami?
Awalnya bingung ngirim tugas meringkas di mana
3) Apa yang harus dilakukan?
tanya-tanya sama teman mengenai tugas saat kuliah online ringkasan di kirim dimana tetapi teman-teman juga tidak tahu lalu saya bertanya sama Pak Wahyu.
4) Kekhawatiran: Khawatir soal UTS mata kuliah ICT sulit-sulit....
5)Harapan :bisa mengerjakan soal UTS dan mendapatkan hasil yang memuaskan
1) Apa yang di peroleh?
Pada pertemuan ke-6 kemarin kami melakukan presentari tentang storyboard yang kami buat.Pada saat itu saya
bertugas sebagai moderator.Pada saat kelompok saya maju hasilnya kurang memuaskan, karena kelomok kami kurang persiapan. dan diakhir perkuliahan di
umumkan oleh pak wahyu kuliah online hari sabtu melalui YM.
2) Apa yang belum di pahami?
kemarin itu saya kurang begitu paham tetang storyboard
3) Apa yang harus di lakukan ?
Lebih banyak berlatih lagi dan belajar dan terus belajar cara membuat storyboard. 4) Kekhawatiran : Disuruh membuat macromediaflash dan takut tidak bisa
5) Harapan : Bisa mengumpulkan macromediaflash dan tugas selesai tepat waktu.
Anggota kelompok : 1. Mahardika Ayu Trisnani(11005063)
2. Ginanjar Whysnu P(11005068)
3. David Haryanto(11005071)
4. Presna
Dwi Prihantora(11005086)
5. Fajar Nur Sodik(11005092)
6. Hanafi Dana Atmara(11005080)
7. Adi Hermawan(11005104)
SKENARIO :
1. Sebelum pembelajaran online dilaksanakan guru menentukan tanggal dan waktu
untuk pembelajaran online.
2. Guru menentukan pembelajaran online melalui Facebook.
3. Guru menyuruh siswa untuk membuat account Facebook bagi siswa yang belum mempunyai Facebook.
4. Guru memberikan alamat facebooknya.
5. Sebelum pembelajaran online dimulai, siswa disuruhmenambahkan account facebook guru dan teman
sekelompoknya untuk menge-Add sebagai teman.
6. Setelah itu guru membuat group dalam facebook dengan nama “Kuliah online abal-abal”
7. Kemudian guru menyuruh siswa untuk bergabung ke group tersebut.
8. Siswa melakukan presensi secara online dengan cara mengirim pesan ke group
"Kuliah online abal-abal" dengan menyebutkan nama dan nomor
mahasiswa serta kelasnya.
9. Guru menyediakan materi dan tugas yang dapat di unduh oleh siswa di dalam
group.
10. Di dalam group tersebut diberikan langkah-langkah pembelajaran online.
Antara lain:
a. Siswa mengunduh materi yang telah disediakan oleh guru.
b. Siswa membaca materi yang telah di unduh.
c. Siswa menanggapi pertanyaan diskusi yang diberikan guru dalam group.
d. Apabila siswa kurang paham dapat bertanya secara online didalam group.
e. Guru memberikan evaluasi dengan cara memberikan soal latihan yang di
unggah di group.
f. Masing-masing siswa mengerjakan soal latihan tersebut dan mengirimkan
jawaban melalui pesan ke facebook guru.
g.Jawaban siswa oleh guru kemudian
di posting di blog guru “ditaestu.blogspot.com”agar siswa tahu berapa nilai yang
di dapat pada pembelajaran online.
11. Guru dan siswa melakukan pembelajaran online selama 90 menit.