Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran

Author: Dita Estu Permanen Label::

1.       Pengertian Media
Suatu medium (jamak: media) adalah perantara/pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
2.       Kontribusi Media Pembelajaran
Ø  Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
Ø  Pembelajaran dapat lebih menarik
Ø  Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
Ø  Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
Ø  Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
Ø  Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
Ø  Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
Ø  Peran guru berubahan kearah yang positif

3.       Jenis-jenis media pembelajaran
A. Media Pemelajaran berupa Alat Peraga
  Bangun datar
  Luas daerah ndatar
  Volum bangun ruang.
B. Media Pembelajaran berupa Media Display
  Charta /  Chart
  Grafik
  Poster.
C. Media Pembelajaran berupa OHT (Overhead Transparency)
  Single transparency
  Overlay transparency.
D. Media Pembelajaran berupa Komputer
  Komputer sebagai alat bantu
  Komputer untuk multi media.

4.       Media grafis
Media Grafis adalah media yang ditulis atau digambar.
Contoh: Charta, Poster, OHT, dll.

5.       Empat Prinsip Media Grafis
-          Simplicity (sederhana)
a.       Isinya singkat
b.      Mudah dibaca dan dimengerti
c.       Hanya menggunakan kata-kata kunci
d.      Memakai huruf biasa.

-Unity (kesatuan)
    Isinya mrpk satu pengertian yg utuh
    Bagian-bagian tidak terpisah-pisah
    Digunakan tanda: panah, garis atau warna.

-Emphasis (penekanan)
  Bagian-bagian yang penting, ditampilkan berbeda dengan yang lain
  Digunakan tanda-tanda: panah, garis tebal, warna yang mencolok, tulisan yang berbeda.

-Balance (keseimbangan).
  Formal.
  Informal.

6.       Media yang Tidak Diproyeksikan
a)    Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar
b)   Model : Benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda sesungguhnya
c)    Grafis : Gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (Grafik, Chart, Poster, Kartun)
d)   Display : Medium yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu sehingga dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya.

7.       Media Video
Kelebihan
a.       Dapat menstimulir efek gerak
b.      Dapat diberi suara maupun warna
c.       Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya.
d.      Tidak memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya
Kekurangan
a.        Memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya
b.      Memerlukan tenaga listrik
c.       Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatannya

8.       Media Berbasiskan Komputer
• Praktek dan latihan (drill & practice)
• Tutorial
• Permainan (games)
• Simulasi (simulation)
• Penemuan (discovery)
• Pemecahan Masalah (Problem Solving)

9.       persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan pengajaran berbasis komputer:
a.       Perangkat keras dan lunak yang mahal dan cepat ketinggalan jaman
b.      Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman.
c.       Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program.

10.   Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
a.       Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.
b.      Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat, simulasi sistem antrian dalam teori antrian dan sebagainya.
c.       Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.


1 komentar |

Refleksi Kuliah ke-9

Author: Dita Estu Permanen Label::


                Pada tanggan 24 November 2012, kami melakukan kuliah ICT secara online. Kelompok kami terdiri dari saya sendiri Dita, Fajar, Adi dan Timbul. Kami diberi tugas untuk membuat power point dengan animasi, gambar, video dan sound. Kami membuat power point dengan materi “Pencemarn Lingkungan”.
                Seharusnya dalam satu kelompok yang online hanya 1 orang dan yang lain membuat power point yang akan dikirim. Tetapi saat itu kelompok saya datang semua agar adil, dan kami melakukan online serta membuat power point secara bersama-sama.
                Kami kuliah online mulai jam 09.00 dan selesai jam 10.45. Dan saat proses pembuatan itu kami selalu memantau group Kuliah Media Pembelajaran. Agar kami selalu melihat pengumuman atau info terbaru dari Pak Wahyu.
                Saat Pak Wahyu meningatkan bahwa prkuliahan online akan berakhir, kami sangat gugup dan kebingungan karena power point yang kami buat belum selesai. Kami takut kalau power point kami tidak diterima karena telat, kami terus berusaha menyelesaikan power point tersebut sambil terus memantau group.
                Akhirnya, jam perkuliahan diundur sampai jam 13.00 karena banyak kendala yang dialami saat pengiriman powerpoint. Kami pun lega dan bisa menyelesaikan power point dengan baik. Dan bisa mengirimnya dengan lancar.
                Semoga hasil jerih payah kami membuahkan hasil, bisa memperoleh nilai yang memuaskan. AMIENNN... J

0 komentar |

Refleksi Minggu ke-8

Author: Dita Estu Permanen Label::

Pada pertemuan ke-8 hari Jum'at tanggal 23 November 2012 membahas tentang pembelajaran menggunakan internet dan dalam pertemuan kali ini dibahas tentang pembelajaran jarak jauh. Dalam komunikaasi jarak jauh tersebut diperlukan :

1. Sarana Komunikasi
Dalam melakukan komunikasi atau pemmbelajarn jarak jauh diperlukan materi sebagai bahan untuk komunikasi antara mahasiswa dengan dosen.
2. Menyiapkan Stakeholder
    a. hardware
untuk menyiapkan hardware tidak terlalu sulit kita hanya menyiapkan  komputer untuk melakukan komunikasi jarak jauh. apabila mahasiwa tidak mempunyai komputer untuk melakukan pembelajaran mahasiswa bisa pergi ke warnet untuk membantu proes pembelajarannya.
    b. budaya mahasiswa
           budaya merupakan hal yang mungkin bisa dikatakan sulit dipersiapkan, karena budaya merupakan kebiasaan dan lngkungan mahasiswa jdadi apabila mahasiswa belum mengetahui pengunaan teknologi mahasiswa bisa kesulitan dalam melakukan pembelaajaran. 

setelah kita menerima materi tersebut, kita mendapat dua tugas :
1. membentuk kelompok sebanyak 10 orang untuk mempraktikkan pembelajaran jarak jauh tersebut, dan membuat sekenario pembelajaran yang akan dilaksanakan, mencari kelebihan dan kekurangan pebelajaran jarak jauh dan persiapan apa saja yang harus dilakuan sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.

2. melakukan kuliah on line pada hari sabtu tanggal 24 November 2012 pada jam 09.00 WIB. dalam kuliah on line tersebut beranggota 4 orang, dan dalam kuliah tersebut kengumpulkan hasil kerja kelompok berupa power point yang dilengkapi dengan animasi, sound, gambar, dan video.


0 komentar |

Refleksi Minggu ke-7

Author: Dita Estu Permanen Label::

1) Apa yang di peroleh ?
Pertemuan ke-7 adalah kuliah online, saya jadi tahu materi apa saja yang akan di pelajari untuk UTS, dan saya coba meringkas materi yang telah diberikan melalui ALFHEUAD
2) Apa yang belum di pahami?
Awalnya bingung ngirim tugas meringkas di mana
3) Apa yang harus dilakukan?
tanya-tanya sama teman mengenai tugas saat kuliah online ringkasan di kirim dimana tetapi teman-teman juga  tidak tahu lalu saya bertanya sama Pak Wahyu.
4) Kekhawatiran: Khawatir soal UTS mata kuliah ICT sulit-sulit....
5)Harapan :bisa mengerjakan soal UTS dan mendapatkan hasil yang memuaskan

0 komentar |

Refleksi Minggu ke-6

Author: Dita Estu Permanen Label::

1) Apa yang di peroleh?
Pada pertemuan ke-6 kemarin kami melakukan presentari tentang storyboard yang kami buat.Pada saat itu saya bertugas sebagai moderator.Pada saat kelompok saya maju hasilnya kurang memuaskan, karena kelomok kami kurang persiapan. dan diakhir perkuliahan di umumkan oleh pak wahyu kuliah online hari sabtu melalui YM.
2) Apa yang belum di pahami?
kemarin itu saya kurang begitu paham tetang storyboard
3) Apa yang harus di lakukan ?
Lebih banyak berlatih lagi dan belajar dan terus belajar cara membuat storyboard.
4) Kekhawatiran : Disuruh membuat macromediaflash dan takut tidak bisa
 5) Harapan : Bisa mengumpulkan macromediaflash dan tugas selesai tepat waktu.

0 komentar |

Skenario Pembelajaran

Author: Dita Estu Permanen Label::


Ketua : Dita Estu Permanen    (11005065)
Anggota kelompok : 1. Mahardika Ayu Trisnani               (11005063)
                                  2. Ginanjar Whysnu P                      (11005068)
                                  3. David Haryanto                            (11005071)
                                  4. Presna Dwi Prihantora                  (11005086)
                                  5. Fajar Nur Sodik                            (11005092)
                                  6. Hanafi Dana Atmara                    (11005080)
                                  7. Adi Hermawan                             (11005104)
 
SKENARIO :
1. Sebelum pembelajaran online dilaksanakan guru menentukan tanggal dan waktu untuk pembelajaran online.
2. Guru menentukan pembelajaran online melalui Facebook.
3. Guru menyuruh siswa untuk membuat account Facebook  bagi siswa yang belum mempunyai Facebook.
4. Guru memberikan alamat facebooknya.
5. Sebelum pembelajaran online dimulai, siswa disuruh  menambahkan account facebook guru dan teman sekelompoknya untuk menge-Add sebagai teman.
6. Setelah itu guru membuat group dalam facebook dengan nama “
Kuliah online abal-abal
7. Kemudian guru menyuruh siswa untuk bergabung ke group tersebut.
8. Siswa melakukan presensi secara online dengan cara mengirim pesan ke group "
Kuliah online abal-abal " dengan menyebutkan nama dan nomor mahasiswa serta kelasnya.
9. Guru menyediakan materi dan tugas yang dapat di unduh oleh siswa di dalam group.
10. Di dalam group tersebut diberikan langkah-langkah pembelajaran online.
Antara lain:
a. Siswa mengunduh materi yang telah disediakan oleh guru.
b. Siswa membaca materi yang telah di unduh.
c. Siswa menanggapi pertanyaan diskusi yang diberikan guru dalam group.
d. Apabila siswa kurang paham dapat bertanya secara online didalam group.
e. Guru memberikan evaluasi dengan cara memberikan soal latihan yang di unggah di group.
f. Masing-masing siswa mengerjakan soal latihan tersebut dan mengirimkan jawaban melalui pesan ke facebook guru.
g.Jawaban siswa oleh guru kemudian di posting di blog guru “ditaestu.blogspot.com agar siswa tahu berapa nilai yang di dapat pada pembelajaran online.
11. Guru dan siswa melakukan pembelajaran online selama 90 menit.

 

0 komentar |

Translate

Glenn Fredly_Sekali Ini Saja

Powered by mp3skull.com
Jason Mraz - I'm Yours

Powered by mp3skull.com
Latest Submissions: Home PageAbout Page

Cari Blog Ini

Followers

Jadwal Sholat DIY

Diberdayakan oleh Blogger.
banner 1 banner 2