MEDIA PEMBELAJARAN

Author: Dita Estu Permanen Label::

A. PENGERTIAN MEDIA
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.

B. PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN

Pengertian media pembelajaran menurut para ahli :

  •  Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran, 
  • Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya, 
  •  National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras,
  • Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

C. FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN
  • Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik,
  • Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas,
  • Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya,
  • Media menghasilkan keseragaman pengamatan,
  • Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis,
  • Media membangkitkan keinginan dan minat baru,
  • Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar,
  • Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak.
D. JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Terdapat berbagai jenis media belajar, diantaranya:
  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
E. PERAN MEDIA
  1. Membuat konkrit konsep yang abstrak,
  2. Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting,
  3. Memberikan pengganti pengalaman langsung,
  4. Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati,
  5. Memberikan pengalaman segi pengamatan,
  6. Menyajikan perbedaan warna secara visual,
  7. Menyajikan informasi yang memerlukan gerak.
F. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
  • Kelebihan 
1. menimbulkan kegairahan belajar siswa
2. memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan atau kenyataan
3. dapat memperlihatkan kejadian atau peristiwa masa lalu yang ditampilkan lewat foto, film atau video
4. memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing
5. pembelajaran dapat lebih menarik
6. waktu pembelajaran dapat diperpendek
7. kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
8. proses pembelajaran dapan dilakukan dimanapun dan kapanpun
  • Kekurangan
1. media itu pemborosan
2. terlalu repot kalau menggunakan media
3. kadang media disalahgunakan oleh siswa
4. media itu canggih dan mahal
5. media itu sekedar hiburan, belajar harus serius
6. dari dulu tidak pakai media banyak juga orang pandai
7. tidak tahu media, tidak bisa menggunakan

0 komentar |

Posting Komentar

Translate

Glenn Fredly_Sekali Ini Saja

Powered by mp3skull.com
Jason Mraz - I'm Yours

Powered by mp3skull.com
Latest Submissions: Home PageAbout Page

Cari Blog Ini

Followers

Jadwal Sholat DIY

Diberdayakan oleh Blogger.
banner 1 banner 2