Observasi di SD Jlaban

Author: Dita Estu Permanen Label::

Pada tanggal 26 September 2012, saya dan kelompok saya melakukan observasi di SD Jlaban. SD Jlaban terletak di dusun Malangan, Sentolo, Sentolo, Kulon Progo. Di sana kami melakukan observasi tentang media pembelajaran, waktu kami ke sana ada satu kelas yang melakukan pembelajaran di lab komputer. Kemudian kami melakukan observasi ke dalam kelas dan hasilnya sebagai berikut :

1. Mekanisme penyampaian materi oleh guru
Pada saat pembelajaran guru menggunakan metode presentasi dan melakukan pemberian tugas dengan mempelajari materi melalui komputer. Masing-masing siswa mempelajari sendiri-sendiri dengan materi yang sama yaitu tentang keliling lingkaran, luas bangun datar, dll. dalam mempelajari materi-materi tersebut menggunakan situs jogja belajar yang terdiri dari materi ajar dan materi uji.
Media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu : LCD dan Lab Komputer yang di lengkapi dengan area hospot. 

2. Penggunaan media pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran adalah sebagai sarana yang membantu guru dalam menyampaikan materi dan dengan menggunakan media tersebut menimbulkan ketertarikan pada siswa untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Setiap siswa mempelajari materi ajar terlebih dahulu setelah selesai mencoba menyelesaikan materi uji yang nantinya langsung bisa diketahui hasilnya.

3.Bagaimana aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa sangat aktif, mereka merasa senang mengikuti pembelajaran. Karena dalam penyampaian materi setiap siswa melakukan praktik langsung dengan memainkan suatu permainan yang diimplikasikan dengan materi pelajaran. 

4. Efektifitas pembelajaran terkait metode dan media pembelajaran yang digunakan
Menurut saya penggunaan metode dan media tersebut sangat efektif, karena siswa dapat lebih jelas jika mereka melakukan praktik langsung dalam melakukan perhitungan luas bangun datar, keliling lingkran, dll.

5. Kedudukan media sebagai alat komunikasi dalam pembelajaran
Media merupakan alat yang terpenting bagi guru dalam penyampaian materi, karena siswa akan lebih nyaman dan tertarik mengikuti pelajaran.

6. Ciri-ciri media dalam pembelajaran
  • sebagai alat bantu guru
  • sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa
  • media sebagai alat peraga langsung dan tidak langsung
7. Fungsi dan manfaat media pembelajaran
  • membangkitkan keinginan dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
  • untuk membangkitkan motivasi siswa 
  • media pengajaran dapat menarik dan memperbesar perhatian siswa pada materi yang disajikan
8. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran
a) Kelebihan
  • menimbulkan kegairahan belajar siswa
  • pelajaran dapat lebih menarik
  • kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  • memungkinkan interaksi langsung antara siswa dan lingkungan atau kenyataan
  • memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing
b) Kekurangan
  • media itu memboroskan
  • terlalu repot kalau menggunakan media
  • tidak tahu media, tidak bisa menggunakan
  • kadang media disalahgunakan oleh siswa
  • media itu canggih dan mahal
9. Dokumentasi saat observasi
                                      
 Foto Ayu, Pak Sugeng (Kepala Sekolah), dan Dita

Foto Fajar, Adi, Pak Sugeng (Kepala Sekolah), Presna, dan Davit

Foto Fajar, Adi, Dita, Pak Sugeng (Kepala Sekolah), Presna, Ayu, dan Davit

 
Foto Ayu, Bu Sabarinah (Guru), Dita, Pak Gilan (Guru) dan Pak Tumijo (Guru)

Foto Davit, Adi, Bu Sabarinah (Guru), Pak Gilan (Guru), Pak Tumijo (Guru), Presna dan Fajar 
Dibawa ini foto saat pembelajaran berlangsung :

















0 komentar |

Posting Komentar

Translate

Glenn Fredly_Sekali Ini Saja

Powered by mp3skull.com
Jason Mraz - I'm Yours

Powered by mp3skull.com
Latest Submissions: Home PageAbout Page

Cari Blog Ini

Followers

Jadwal Sholat DIY

Diberdayakan oleh Blogger.
banner 1 banner 2