Observasi di SD Jlaban

Author: Dita Estu Permanen Label::

Pada tanggal 26 September 2012, saya dan kelompok saya melakukan observasi di SD Jlaban. SD Jlaban terletak di dusun Malangan, Sentolo, Sentolo, Kulon Progo. Di sana kami melakukan observasi tentang media pembelajaran, waktu kami ke sana ada satu kelas yang melakukan pembelajaran di lab komputer. Kemudian kami melakukan observasi ke dalam kelas dan hasilnya sebagai berikut :

1. Mekanisme penyampaian materi oleh guru
Pada saat pembelajaran guru menggunakan metode presentasi dan melakukan pemberian tugas dengan mempelajari materi melalui komputer. Masing-masing siswa mempelajari sendiri-sendiri dengan materi yang sama yaitu tentang keliling lingkaran, luas bangun datar, dll. dalam mempelajari materi-materi tersebut menggunakan situs jogja belajar yang terdiri dari materi ajar dan materi uji.
Media yang digunakan dalam pembelajaran yaitu : LCD dan Lab Komputer yang di lengkapi dengan area hospot. 

2. Penggunaan media pembelajaran
Penggunaan media pembelajaran adalah sebagai sarana yang membantu guru dalam menyampaikan materi dan dengan menggunakan media tersebut menimbulkan ketertarikan pada siswa untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Setiap siswa mempelajari materi ajar terlebih dahulu setelah selesai mencoba menyelesaikan materi uji yang nantinya langsung bisa diketahui hasilnya.

3.Bagaimana aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
Pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa sangat aktif, mereka merasa senang mengikuti pembelajaran. Karena dalam penyampaian materi setiap siswa melakukan praktik langsung dengan memainkan suatu permainan yang diimplikasikan dengan materi pelajaran. 

4. Efektifitas pembelajaran terkait metode dan media pembelajaran yang digunakan
Menurut saya penggunaan metode dan media tersebut sangat efektif, karena siswa dapat lebih jelas jika mereka melakukan praktik langsung dalam melakukan perhitungan luas bangun datar, keliling lingkran, dll.

5. Kedudukan media sebagai alat komunikasi dalam pembelajaran
Media merupakan alat yang terpenting bagi guru dalam penyampaian materi, karena siswa akan lebih nyaman dan tertarik mengikuti pelajaran.

6. Ciri-ciri media dalam pembelajaran
  • sebagai alat bantu guru
  • sebagai alat komunikasi antara guru dan siswa
  • media sebagai alat peraga langsung dan tidak langsung
7. Fungsi dan manfaat media pembelajaran
  • membangkitkan keinginan dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran
  • untuk membangkitkan motivasi siswa 
  • media pengajaran dapat menarik dan memperbesar perhatian siswa pada materi yang disajikan
8. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran
a) Kelebihan
  • menimbulkan kegairahan belajar siswa
  • pelajaran dapat lebih menarik
  • kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  • memungkinkan interaksi langsung antara siswa dan lingkungan atau kenyataan
  • memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing
b) Kekurangan
  • media itu memboroskan
  • terlalu repot kalau menggunakan media
  • tidak tahu media, tidak bisa menggunakan
  • kadang media disalahgunakan oleh siswa
  • media itu canggih dan mahal
9. Dokumentasi saat observasi
                                      
 Foto Ayu, Pak Sugeng (Kepala Sekolah), dan Dita

Foto Fajar, Adi, Pak Sugeng (Kepala Sekolah), Presna, dan Davit

Foto Fajar, Adi, Dita, Pak Sugeng (Kepala Sekolah), Presna, Ayu, dan Davit

 
Foto Ayu, Bu Sabarinah (Guru), Dita, Pak Gilan (Guru) dan Pak Tumijo (Guru)

Foto Davit, Adi, Bu Sabarinah (Guru), Pak Gilan (Guru), Pak Tumijo (Guru), Presna dan Fajar 
Dibawa ini foto saat pembelajaran berlangsung :

















0 komentar |

PEKULIAHAN MINGGU KE-2

Author: Dita Estu Permanen Label::

Perkuliahan Media dan Sumber Belajar Berbasis ICT tanggal 21 September 2012 kemarin, diadakan diskusi kelompok. Kelompok saya terdiri dari Dita, Ayu, Wisnu, Davit, Fajar N dan Adi. Seharusnya kelompok saya ada 7 orang tetapi Presna tidak berangkat jadi yang diskusi hanya 6 orang. Kemarin kita mendiskusikan tentang media pembelajaran di SMA, karena kami belum melakukan observasi ke SD.
Hasil dari diskusi tersebut yaitu :
1. Mekanisme penyampaian materi oleh guru
Pada saat pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, presentasi, diskusi dan tanya jawab.
Dalam pembelajaran guru menggunakan media pendukung yaitu OHP, LCD, lab komputer, lab bahasa dan lab ipa.
2. Kedudukan media pembelajaran
sebagai sarana untuk membantu guru dalam menyampaikan materi dan dengan menggunakan media siswa dapat lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.
3. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran
a) Kelebihan

  • siswa lebih tertatik mengikuti pelajaran
  • pembelajaran lebih efektif dan efisien
  • mempermudah guru dalam menyampaikan materi
  • pembelajaran lebih menarik
  • kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
b) Kekurangan
  • pemborosan
  • kadang siswa suka menyalahgunakan media yang ada
  • terlalu merepotkan jika menggunakan media
5. Kesimpulan
Seiring berkembangnya dan semakin majunya teknologi di zaman ini, harus ada kesiapan dalam menghadapinya. Seperti dalam proses pembelajaran mau atau tidak mau harus menggunakan media agar siswa dan guru tidak ketinggalan zaman dan gaptek, Karena dengan majunya siswa dapat menghasilkan generasi yang berkualitas sehingga siap menghadapi perkembangan zaman dan teknologi.

0 komentar |

MEDIA PEMBELAJARAN

Author: Dita Estu Permanen Label::

A. PENGERTIAN MEDIA
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.

B. PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN

Pengertian media pembelajaran menurut para ahli :

  •  Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran, 
  • Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya, 
  •  National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras,
  • Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

C. FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN
  • Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik,
  • Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas,
  • Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya,
  • Media menghasilkan keseragaman pengamatan,
  • Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis,
  • Media membangkitkan keinginan dan minat baru,
  • Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar,
  • Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak.
D. JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Terdapat berbagai jenis media belajar, diantaranya:
  1. Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
  2. Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
  3. Projected still media : slide; over head projektor (OHP), in focus dan sejenisnya
  4. Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer dan sejenisnya.
E. PERAN MEDIA
  1. Membuat konkrit konsep yang abstrak,
  2. Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting,
  3. Memberikan pengganti pengalaman langsung,
  4. Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati,
  5. Memberikan pengalaman segi pengamatan,
  6. Menyajikan perbedaan warna secara visual,
  7. Menyajikan informasi yang memerlukan gerak.
F. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
  • Kelebihan 
1. menimbulkan kegairahan belajar siswa
2. memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan atau kenyataan
3. dapat memperlihatkan kejadian atau peristiwa masa lalu yang ditampilkan lewat foto, film atau video
4. memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri sesuai kemampuan dan minat masing-masing
5. pembelajaran dapat lebih menarik
6. waktu pembelajaran dapat diperpendek
7. kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
8. proses pembelajaran dapan dilakukan dimanapun dan kapanpun
  • Kekurangan
1. media itu pemborosan
2. terlalu repot kalau menggunakan media
3. kadang media disalahgunakan oleh siswa
4. media itu canggih dan mahal
5. media itu sekedar hiburan, belajar harus serius
6. dari dulu tidak pakai media banyak juga orang pandai
7. tidak tahu media, tidak bisa menggunakan

0 komentar |

pengalaman hari ke-2 kuliah di kampus V

Author: Dita Estu Permanen Label::


Rabu, 12 September 2012 merupakan hari kedua masuk kuliah, pada hari itu saya memperoleh suatu motivasi yang ada setelah melihat satu film yang di tayangkan oleh Ibu Dholina Inang Pambudi saat perkuliahan Pengembangan Kurikulum di SD. Film itu memotivasi saya karena menceritakan bahwa di dunia ini tidak ada orang yang tidak bisa asalkan kita mau berusaha, seperti Elison yang sangat gemar menonton televisi dan malas belajar. Setiap pulang sekolah dia hanya tiduran, nyamil dan nonton TV bahkan dia pun tak sempat ganti pakaian saat pulang sekolah,  dia juga tidak pernah sekalipun memegang buku saat dirumah dan dia sangat anti untuk memasuki perpustakaan. Karena kemalasannya itu dia dipilih oleh Guru nya untuk mengikuti percobaan minum Minyak Ikan Omega-3, selama 3 bulan berturut-turut dia meminum Omega-3. Dan hasilnya luar biasa, kini Elison berhasil meninggalkan kebiasaan lamanya dan berubah menjadi seorang anak yang rajin membaca buku bahkan Elison sekarang tidak ada waktu lagi untuk nonton TV, dia menghabiskan waktunya untuk membaca buku dan pergi ke perpustakaan.
Yang menjadi pertanyaan bagi saya, apa kandungan yang terdapat dalam Minyak Ikan Omega-3 tersebut? Kenapa seorang Elison yang sangat malas dalam waktu 3 bulan dapat berubah menjadi anak yang rajin? Apakah semua orang yang meminum           Omega-3 tersebut dapat berubah sedrastis Elison ?
Melihat perubahan yang dialami Elison terbukti bahwa manusia dapat berubah menjadi lebih baik, oleh karena itu saya berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Insya Allah dengan niat dan kemauan yang tinggi semua yang diinginkan bisa terwujud, karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin.
Dengan melihat perubahan Elison setelah minum Minyak Ikan Omega-3 tersebut, saya jadi berfikir dan khawatir apakah ada efek samping setelah minum Omega-3? Karena Minyak Ikan Omega-3 tersebut sangat cepat bereaksi dan bisa merubah orang begitu cepatnya.
Dengan melihat tayangan tersebut lebih memotivasi saya agar tetap semangat, tidak mudah putus asa, karena perubahan akan terjadi pada setiap orang. Yang penting mau berusaha untuk berubah ke yang lebih baik. Tetap semangat untuk mengahadapi perubahan.
Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi yang membaca, terima kasih... J

1 komentar |

MODUL PELATIHAN DASAR-DASAR MEDIA PEMBELAJARAN

Author: Dita Estu Permanen Label::


Oleh Muhammad Al Mahdi dan Amri Rachmat

Macromedia Flash 8 adalah sebuah program standar untuk pembuatan animasi High Impact berbasis Web. Anda dapat membuat sebuah animasi logo, Navigasi  Control Website, animasi form yang panjang, sebuah Website utuh berbasis Flash, atau aplikasi Web lainnya menggunakan program aplikasi ini.
Pengenalan interface Macromedia Flash 8

Sebelum memulai membuat objek (animasi), anda perlu mengenal beberapa interface dalam macromedia flash 8. Interface-interface tersebut nantinya akan banyak membantu anda mengatur atau mengedit objek animasi yang digunakan.

            Salah satu bagian terpenting dalam interface macromedia flash 8 adalahDrawing Tools yang berguna untuk membuat dan memanipulasi gambar atau objek, bila saya perhatikan macromedia flash 8 tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.Drawing Tools dibagi menjadi 4 bagian yaitu : Tools, View, Colorsdan Options.
  • Toolbox

  • Tools
    Tool berfungsi untuk mengatur atau mengedit objek atau animasi yang sedang kita buat. Tool ini juga adalah salah satu bagian terpenting dalam macromedia flash 8.
    > Arrow Tool, digunakan untuk memilih objek. Dengan sebuah klik berarti kita memilih objek tersebut, dengan klik ganda berarti kita memilih objek dan seluruh komponen yang dimilikinya.
    > Subselect Tool, digunakan untuk memodifikasi suatu garis yang dibuat dengan Pen Tool.
    > Free Transform Tool, digunakan untuk memodifikasi bentuk dari suatu objek.
    > Fill Transform Tool, digunakan untuk memodifikasi bentuk dan posisi dari gradient fills.
    > Line Tool, digunakan untuk membuat garis. Bila kita membuat garis sembari menekan tombol
     SHIFT, maka akan terbentuk garis yang tepat horizontal,vertical atau miring 45 derajat.
    > Lasso Tool, digunakan untuk memilih suatu area secara tidak teratur. Semua yang termasuk areanya akan terpilih.
    > Pen Tool, digunakan untuk membuat kurva-kurva atau bentuk bebas.
    > Text Tool, digunakan untuk membuat teks box yang dapat kita isi dengan berbagai tulisan.
    > Oval Tool, digunakan untuk membuat objek elips
     (oval). untuk membuat lingkaran sempurna, pergunakan tool ini sembari meneka tombol SHIFT.
    > Ractangle Tool, digunakan untuk membuat bentuk persegi. Bila kita ingin membuat bentuk bujur sangkar secara sempurna, gunakan tool ini sembari menekan tombol
     SHIFT.
    > Pencil Tool, digunakan untuk membuat garis. Bila kita membuat garis sembari menekan tombol
     SHIFT, maka akan terbentuk garis yang tepat horizontal,vertical atau miring 45 derajat.
    > Brush Tool, digunakan untuk menggambar dengan kuas secara bebas, tool ini mempunyai beberapa pilihan untuk mengontrol beberapa efek dari sapuan kuas  kita.
    > Ink Bottle Tool, digunakan untuk mewarnai suatu garis.
    > Paint Bucket Tool, digunakan untuk memodifikasi warna dan gradasi warna didalam suatu objek.
    > Eyedropper Tool, digunakan untuk mengambil warna yang berasal dari suatu objek didalam stage sehingga kita bisa menyamakan warna ketika menggambar.
    Eraser Tool, digunakan untuk menghapus suatu gambar/objek.

        
     View
    > Hand Tool, digunakan untuk menggulung stage disegala arah seolah oleh anda menggunakan scroller 360 derajat.
    > Zoom Tool, digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek.

         
     Colors
    > Stroke Color, digunakan untuk memodifikasi outline/border warna suatu objek.
    > Fill Color, digunakan untuk memodifikasi  isi warna pada objek.

        
     Options
    bagian options menyediakan tool setting yang menyertai tool yang sedang aktif.

    • Stage
    Stage adalah area tempat kita bekerja dan membuat objek atau animasi. Ibarat kita seorang Pelukis, stage adalah kertas gambarnya.
    • Timeline
    Timeline adalah jalur/garis untuk mengatur berjalannya animasi dari frame ke frame.

    • Property Inspector
    Property inspector dalam Flash berisi property dari objek yang kita pilih menggunakan Selection Tool. Tiap objek yang kita pilih memilikin property yang berbeda-beda dengan objek lainnya.

    • Panel
    Panel  merupakan kotak dialog yang berguna untuk melihat, mengatur dan mengubah elemen-elemen atau objek didalam macromedia flash 8. Color serta Library juga termasuk kepada panel.




    MEMBUAT TOMBOL NAVIGASI SEDERHANA
    1.   Buka program flash tentunya, setelah itu buat file baru dengan properties tertentu, saya pakai ukuran 800x600.

    Pada frame 1 buat teks dengan Teks Tool dan propertisnya teks statis bertuliskan “Home”.
    Klik frame 1, kemudian ganti “Frame label” dengan “home” setelah itu tekan Enter.
    Klik kanan frame 10 pilih Insert Blank Keyframe, kemudian buat teks statis “Materi”. Klik lagi frame 10 dan ganti “Frame label” dengan “materi” dan tekan Enter.



    .   Buat lagi seperti langkah no. 4 diatas pada frame 20 dengan teks statis bertuliskan “Latihan” dan “Frame label” diganti dengan “latihan”, kemudian pada frame 30 dengan teks statis bertuliskan “Contoh” dan “Frame label” diganti dengan “contoh”.
    Buat layer baru dan beri nama layer dengan nama “tutup” dengan cara klik dua kali pada tulisan “Layer 2”. Kemudian klik frame satu layer “tutup” dan buat teks statis “Tutup”.


    Kemudian klik kanan pada tulisan “Tutup” pilih Convert to Symbol pilih type button dan beri nama “tutup_btn” dan klik ok.


    1.   Buat layer baru lagi dan beri nama “tombol”.
    Klik pada frame satu layer “tombol “ kemudian import tobol dari panel Component. Caranya adalah dengan klik Windows kemudian pilih components. Dari panel Componens pilih User interface kemudian pilih button. Kemudian drag(klik tanpa dilepaskan) dan geser kedalam stage.





    kemudian tutup panel Components dan rubah Instance name dari keempat button tersebut masing masing “home_btn”, “materi_btn”, “latihan_btn”, “contoh_btn” dan lebelnya masing masing “home”, “materi”, “latihan”, “contoh” dengan cara klik satu persatu dan merubahnya pada panel parameters.

    1.   Buat layer baru lagi dan rubah namanya “skrip”, klik pada frame pertama dan buka jendela Actions kemudian masukan Action Script di bawah ini :
    stop()
    home_btn.onPress = function(){
     
    gotoAndStop("home");
     
    }
     
    materi_btn.onPress = function(){
     
    gotoAndStop("materi");
    }
    latihan_btn.onPress = function(){
     
    gotoAndStop("latihan");
    }
     
    contoh_btn.onPress = function(){
     
    gotoAndStop("contoh");
     
    }

    2. Kemudian klik kanan tombol tutup dan pilih Actions dan masukan Action Script di bawah ini :
    on(release){ 
    fscommand("quit","true");
    }

    3.  Langkah terakhir adalah menyimpan dokumen, beri nama Tombol navigasi.
    4. Kemudian Klik Ctrl+Enter. Dan lihat hasilnya pada tempat dimana kita menyimpannya, selesai.

    membuat efek suara dasar
    Berikut adalah langkah-langkah menambahkan sound pada interface dan event (kondisi) button:
    ·         Misal terdapat sebuah file flash dengan 2 layer. Layer 1 akan diisi background music, dan layer 2 diisi dengan tombol.


    Untuk memasukkan file sound ke library, pilih file, import, import to library


    Pilih file sound.. jika ingin memasukkan file sound lain, ulangi tahap sebelumnya
    ·         Klik ok, tunggu beberapa saat.
    ·         File sound yang telah berhasil di import akan disimpan pada panel library.
    ·         Klik pada layer 1, background, untuk menyisipkan background music. Perhatikan panel properties, pada bagian sound, pilih file sound yang akan dimainkan.


    ·         Pengaturan efek sound dapat diatur pada bagian effect.


    ·         Background music sudah dapat dimainkan. Tekan Ctrl+Enter.
    ·         Untuk kasus menambahkan sound pada button, double klik pada button.
    ·         Pilih kondisi button pada timeline (up=saat muncul, over=saat disorot, down=saat ditekan, hit=saat telah selesai ditekan).
    MEMBUAT KUIS SEDERHANA (+XML)

    Mari kita mulai pembuatannya.
    • Langkah awal adalah membuat layout untuk kuis, kuis ini hanya berisi multiple choice (pilihan ganda), jadi di sini saya menggunakan radio button.
    • Untuk mengambil radio button, kita cukup mengambilnya pada menu Window -> Components, atau cukup tekan Ctrl + F7.







    Components
    • Sekarang akan muncul panel seperti berikut ini, pilih radio button, drag (seret) ke dalam stage sebanyak 4 buah.



    RadioButton
    • Rapikan masing-masing radio button, kemudian berikan Instance Name untuk setiap radio button yang ada, yaitu radio1radio2radio3, dan radio4.




    • Instance Name


      Sekarang buat Dynamic Text dengan Text Tool, letakkan di atas radio button, dynamic text ini berguna sebagai soal. 


    • Soal

      • Jangan lupa untuk meng-embed-kan font, hal ini penting, karena jika tidak, maka font kita tidak akan tampil pada komputer yang tidak memiliki font tersebut
      • Sekarang kita menambahkan frame lagi, sehingga total framenya ada 2. Klik kanan pada frame 2, pilih insert blank keyframe. Sehingga hasilnya seperti ini:






    Insert Blank KeyFrame

    • Simpan file flash ini sekarang pada suatu folder.
    • Buat sebuah file data.xml yang berada satu folder dengan file flash kita.
    • data.xml
      • Isi file data.xml dengan teks berikut :
      •  
      ·         <quiz>
      ·           <pertanyaan>
      ·                  <soal>Binatang apakah yang tidak memiliki cakar ?</soal>
      ·                  <jawaban no="1" label="Kucing" />
      ·                  <jawaban no="2" label="Tikus" />
      ·                  <jawaban no="3" label="Anjing" />
      ·                  <jawaban no="4" label="Cacing" />
      ·                  <jawabanbenar no="4" />
      ·           </pertanyaan>
      ·           <pertanyaan>
      ·                  <soal>Apakah situs flashindonesia.org bagus ?</soal>
      ·                  <jawaban no="1" label="Bagus" />
      ·                  <jawaban no="2" label="Jelek" />
      ·                  <jawaban no="3" label="Sangat Jelek" />
      ·                  <jawaban no="4" label="Parah" />
      ·                  <jawabanbenar no="4" />
      ·           </pertanyaan>
      ·           <pertanyaan>
      ·                  <soal>Kenapa bumi bulat ?</soal>
      ·                  <jawaban no="1" label="Karena dari sananya." />
      ·                  <jawaban no="2" label="Karena ciptaan tuhan" />
      ·                  <jawaban no="3" label="Karena memang bulat" />
      ·                  <jawaban no="4" label="Benar semua" />
      ·                  <jawabanbenar no="4" />
      ·           </pertanyaan>
      ·           <pertanyaan>
      ·                  <soal>Siapa bapak presiden kita sekarang ?</soal>
      ·                  <jawaban no="1" label="Soekarno" />
      ·                  <jawaban no="2" label="Susilo Bambang Yudhoyono" />
      ·                  <jawaban no="3" label="Megawati Soekarno Putri" />
      ·                  <jawaban no="4" label="Bacharuddin Jusuf Habibie" />
      ·                  <jawabanbenar no="2" />
      ·           </pertanyaan>
      ·         </quiz>


      ·         ·  Sekarang saatnya kita mengetik scriptnya :)klik pada frame 1, kemudian tekan F9. Ketikkan script berikut
      ·         stop();
      ·         //deklarasi objek soal
      ·         var arraySoal:Array = new Array();
      ·          
      ·         //deklarasi XML
      ·         var myXML:XML = new XML();
      ·         myXML.ignoreWhite = true;
      ·         myXML.load("data.xml");
      ·         myXML.onLoad = function(success) {
      ·           if (success) {
      ·                  var myNode = myXML.firstChild.childNodes;
      ·                  for (i=0; i<myNode.length; i++) {
      ·                          //mengambil data dari XML
      ·                          var soal = myNode[i].childNodes[0].firstChild;
      ·                          var jawaban1 = myNode[i].childNodes[1].attributes.label;
      ·                          var jawaban2 = myNode[i].childNodes[2].attributes.label;
      ·                          var jawaban3 = myNode[i].childNodes[3].attributes.label;
      ·                          var jawaban4 = myNode[i].childNodes[4].attributes.label;
      ·                          var jawabanBenar = myNode[i].childNodes[5].attributes.no;
      ·                          
      ·                          //memasukkannya ke dalam object
      ·                          var obj = new Object();
      ·                          obj.soal = soal;
      ·                          obj.jawaban1 = jawaban1;
      ·                          obj.jawaban2 = jawaban2;
      ·                          obj.jawaban3 = jawaban3;
      ·                          obj.jawaban4 = jawaban4;
      ·                          obj.jawabanBenar = jawabanBenar;
      ·          
      ·                          //memasukkan ke dalam array
      ·                          arraySoal.push(obj);
      ·                  }
      ·                  prosesSoal();
      ·           }
      ·         };
      ·         //counter digunakan sebagai nomor soal
      ·         var counter = 0;
      ·         //jawaban benar akan terisi pada proses soal
      ·         var jawabanBenar = 0;
      ·         //nilai awal
      ·         var nilai = 0;
      ·          
      ·         function prosesSoal() {
      ·           //jika soal masih ada
      ·           if (counter<arraySoal.length) {
      ·                  //mengambil soal pada nomor ke-counter
      ·                  var obj = arraySoal[counter];
      ·                  //mengubah tampilan
      ·                  pertanyaan_txt.text = obj.soal;
      ·                  radio1.label = obj.jawaban1;
      ·                  radio2.label = obj.jawaban2;
      ·                  radio3.label = obj.jawaban3;
      ·                  radio4.label = obj.jawaban4;
      ·                  jawabanBenar = obj.jawabanBenar;
      ·                  radio1.selected = false;
      ·                  radio2.selected = false;
      ·                  radio3.selected = false;
      ·                  radio4.selected = false;
      ·                  //meingkatkan counter
      ·                  counter++;
      ·           } else {
      ·                  //jika soal habis, maka menuju ke halaman 2
      ·                  gotoAndStop(2);
      ·           }
      ·         }
      ·          
      ·         function cekSoal(jawaban:Number) {
      ·           if (jawaban == jawabanBenar) {
      ·                  //menambah nilai
      ·                  nilai += 10;
      ·                  trace("benar");
      ·           }
      ·           prosesSoal();
      ·         }
      ·          
      ·         var listenerObject:Object = new Object();
      ·         listenerObject.click = function(eventObj:Object) {
      ·           //saat di-klik
      ·           if (eventObj.target == radio1) {
      ·                  cekSoal(1);
      ·           } else if (eventObj.target == radio2) {
      ·                  cekSoal(2);
      ·           } else if (eventObj.target == radio3) {
      ·                  cekSoal(3);
      ·           } else if (eventObj.target == radio4) {
      ·                  cekSoal(4);
      ·           }
      ·         };
      ·          
      ·         //memberikan event click pada radiobutton
      ·         radio1.addEventListener("click",listenerObject);
      ·         radio2.addEventListener("click",listenerObject);
      ·         radio3.addEventListener("click",listenerObject);
      ·         radio4.addEventListener("click",listenerObject);

      · 
      ·  Koding di atas menjelaskan jika soal habis, maka kita menuju frame 2. Nah, berarti sekarang klik frame 2, tambahkan sebuah dynamic text dengan nama variabel yaitu nilai. Jangan lupa untuk tidak mencentang Auto Kern. 
      Nilai
      ·  Kurang lengkap rasanya jika tidak kita berikan tombol kembali. Buat tombol kembali seperti di bawah ini, beri instance name berupa kembali_btn



    Tombol Kembali
    ·  Karena tombol membutuhkan script, maka kita tambahkan saja di frame 2. Klik frame 2 dan tekan F9.
    1
    kembali_btn.onRelease=function(){
    2
        gotoAndStop(1);

    3
        counter = 0;
    4
        nilai = 0;

    5
        prosesSoal();
    6
    }
    ·  Sekarang test movienya


    Masking
    Sekarang kita akan belajar tentang masking. Bagi yang belum tau, apa sih masking itu ? Masking adalah menampilkan suatu gambar dengan batas dari gambar lain, misal kita ingin melakukan masking antara Layer 
    1 dan Layer 2 sebagai mask, maka hasilnya akan seperti ini :

    setelah
    Jadi jelas bahwa, Layer 2 sebagai “Masker” akan menampilkan semua yang ada di bawahnya (Maksudnya semua yang warnanya hijau).
     Sekarang kita bahas cara2nya ;)


    • Seperti biasa kita buat sebuah dokumen baru flash.
    • Kemudian kita berikan gambar background di layer 1 misal sebuah kota. 




    kota (klik untuk memperbesar)

    • Lalu kita buat satu layer lagi dengan cara insert -> Timeline -> Layer, dan otomatis namanya akan menjadi Layer 2.
    • Atur posisi layer 2 di atas layer 1 seperti gambar. 

    masking belum diatur
    • Kemudian kita klik pada Layer 2 pada frame 1 kemudian buat sebuah bola.


masking diberi bola
  • Rencananya kita membuat sebuah teropong yang berjalan dari kiri ke kanan. Jadi terlebih dahulu kita ubah bolanya menjadi movieclip. Caranya yaitu, seleksi bola yang tadi kita buat dengan cara meng-klik 2 kali.
  • Kemudian klik kanan bola tersebut dan pilih COnvert to Symbol. Atur seperti yang ada di gambar.
  • convert to symbol
    Nah, bola sudah jadi MovieClip, maka kita bisa menganimasikannya ;)caranya klik pada frame 20 Layer 2, kemudian klik kanan dan pilih Insert Keyframe. Lakukan hal yang sama pada frame 10. 
    insert keyframe
    • Kemudian seleksi frame 1 sampai 20 pada layer 2 dan klik kanan dan pilih Create Motion Tween.
    • create motion tween
    • Sekarang kita menggeser bola ke kanan, caranya klik frame 10 pada layer 2 (tepat di keyframe). Kemudian geser bola dari posisi awal ke kanan. Hal ini dimaksudkan ketika frame 1, bola berada di kiri, lalu frame 10 bola berada di kanan, lalu frame 20 bola kembali berada di kiri.
    • Sekarang insert frame (sudah tau caranya kan ?) pada frame 20 layer 1. 
    • insert frame
    • Sekarang sentuhan akhirnya ;)ya ini yang bikin bisa masking. Caranya klik pada Layer 2, kemudian klik kanan dan pilih Mask. Maka hasilnya akan seperti berikut : 


    masking selesai
    Selesai deh



0 komentar |

Translate

Glenn Fredly_Sekali Ini Saja

Powered by mp3skull.com
Jason Mraz - I'm Yours

Powered by mp3skull.com
Latest Submissions: Home PageAbout Page

Cari Blog Ini

Followers

Jadwal Sholat DIY

Diberdayakan oleh Blogger.
banner 1 banner 2